Tuesday, September 16, 2008

Young Golden Voices of the World

Jika anda ditanya, "Siapakah penyanyi solo cilik terbaik yang pernah dimiliki oleh dunia tarik suara?".

Mungkin anda akan menjawab Michael Jackson, "pentolan" Jackson 5 yang legendaris dan akhirnya menjelma menjadi the best solo entertainer yang pernah ada di dunia dengan segala rekor billboardnya.

Atau mungkin anda akan menjawab Heintje Simons, pelantun lagu Mama yang berasal dari Jerman dan sempat booming sekali di akhir tahun 1960-an. Lagu ini sangat populer sehingga hampir semua orang tua kita yang hidup sejamannya mengenal lagu ini, walaupun namanya kini benar-benar hilang dari dunia musik.

Dalam beberapa tahun terakhir ini pun sebenarnya muncul beberapa nama yang suaranya sangat pantas didengar dikarenakan kualitas suara yang dimiliki, tema lagu yang dipilih, hingga aransemen yang sangat nge-pop. Eksistensinya pun cukup lama. Sorry i'm not talking about kinda Aaron Carter or Stevie Brock. Kalau-kalau anda bosan dengan para artis kawakan yang tentu sudah tidak diragukan lagi kualitasnya seperti Clay Aiken atau Mariah Carey, check these magnificent seven out! (rata-rata berbahasa Inggris, yang lebih universal)

1. BILLY GILMAN (USA)
Menurut saya, Billy masih yang terbaik sepanjang masa. Suara emasnya pernah melambungkan namanya di kancah dunia tarik suara, apalagi ketika ia mengalahkan Keith Urban (Australia) dan Amerie (USA) sebagai pendatang baru terbaik di ajang American Music Awards tahun 2001 pada usia 12 tahun! Albumnya yang berjudul "One Voice", "Dare To Dream", "Classic Christmas", dan "Music Through Heartsongs" dapat langsung dibeli di toko CD terdekat. Namun pada tahun 2004, ia memutuskan untuk go country untuk beberapa alasan tertentu, yang menyebabkan popularitasnya menurun (saya tetap fans terberatnya). Meski begitu, ia masih dapat menelurkan beberapa album yang enak seperti "Everything and More" dan "Billy Gilman". Ia juga sempat mengisi lagu soundtrack film Stuart Little 2 tahun 2002.
Lagu wajib dengar : One Voice, Oklahoma, There's A Hero, What's Forever For, Elizabeth, O Holy Night, You Don't You Won't.

2. DECLAN GALBRAITH (UK)
Suaranya tak kalah emas. Berasal dari Inggris dan relatif lebih tidak populer dibanding Billy. Tema lagunya termasuk luar biasa dan sangat mendalam. Bukan sekadar lagu cinta monyet ala Aaron Carter atau boyband lain. Hingga kini namanya masih eksis di sekitar Eropa walaupun lagu-lagu remajanya relatif agak berbeda dari lagu ciliknya. Usianya belum genap 11 tahun saat ia melantunkan "Tell Me Why" pada tahun 2002!!
Lagu wajib dengar : Tell Me Why, Carrickfergus, Til' The Day We Meet Again, Angels, For A Better Tomorrow, An Angel.

3. CONNIE TALBOT (UK)
Usianya baru 6 tahun dan suaranya kerap membuat para pendengarnya meneteskan air mata haru. Bintang "Britain's Got Talent" tahun silam ini baru saja menelurkan album pertamanya tahun ini. Vibrasi menjadi salah satu ciri khas suara ciliknya.


Lagu wajib dengar : Somewhere Over The Rainbow, I Believe, I Have A Dream.

4. BIANCA RYAN (USA)
Jebolan "America's Got Talent" 2 tahun silam saat usianya masih 11 tahunan. Suaranya sangat powerful, bahkan saat dengan penyanyi sekelas Jennifer Holliday, ia tak terkesan menjadi secondary singer. Album perdananya pun baru saja keluar tahun lalu.

Lagu wajib dengar : You Light Up My Life, And I'm Telling You I'm Not Going, Superstar, Why Couldn't It Be Christmas Everyday.

5. JOSEPH MCMANNERS (UK)
Spesialis suara falsetto yang sering bikin orang merinding. Albumnya baru 1 dan dirilis beberapa tahun silam. Sekelasnya seperti The Choirboys. Joseph dijuluki sebagai "Billy Gilman Baru dari Inggris".
Lagu wajib dengar : In Dreams, Bright Eyes, Music of the Angels, Circle of Life, The Little Prince Song

6. CHARLOTTE CHURCH (WALES)
Joseph versi wanita yang sudah jauh lebih dewasa dan lebih berpengalaman. Satu-satunya penyanyi cilik wanita yang diakui eksistensinya sejak berumur 11 tahun lewat albumnya "Voice of an Angel". Suara falsetto di atas rata-rata dan lebih ke genre lagu rohani. Pernah berduet dengan Billy Gilman cilik dalam "Dream A Dream". Terakhir mencoba peruntungannya merilis album pop dan ternyata gagal di pasaran.
Lagu wajib dengar : Pie Jesu, Prayer (with Josh Groban), Dream A Dream (with Billy Gilman), Danny Boy.

7. JESSE MCCARTNEY (USA)
Tergolong penyanyi remaja, namun startnya dari grup band "Dream Street" saat usianya masih 11 tahun dan menjadi major singer di sana. Saat ini masih eksis di dunia tarik suaranya, terakhir dengan single berjudul "Leavin' ". Let's talk it's Jesse from the Dream Street.
Lagu wajib dengar : It Happens Everytime, Sugar Rush, Gotta Get The Girl, Let's Get Funky Tonight (all from Dream Street).

Check them all at least via YouTube. Masih ada beberapa lainnya seperti Hunter Hayes (USA), Joey Pearson (USA), Vlad Krutskikh (Russia), Brandur Enni (Norway), dll. but they are not that universal.. Any idea of more of them??

2 comments:

Irvan Prayogo said...

Charice Pempengco
keren juga ni anak satu
suarnya lebih padet dari Bianca Ryan

CoolBlogs said...

Thx Van atas usulannya..I'll check her out..
Charice termasuk artis cilik atau remaja??
Kalo cilik, berarti ini masukan bagus bagi blog gw.. hehe..