Friday, September 19, 2008

IBII oh IBII, Apa Yang Terjadi???

Hari ini seluruh masyarakat IBII mendapat kabar yang kurang mengenakkan. Rumor yang selama ini dianggap sebagai black campaign atopun negative issue menjadi kenyataan. Akreditasi IBII untuk program studi Akuntansi dan Manajemen, well, yang selama ini selalu dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia untuk kategori swasta maupun negeri, turun dari A menjadi B.

Sebenarnya ini hal yang sungguh di luar dugaan, mengingat IBII selalu melakukan yang terbaik (apparently..) dalam segala aktivitasnya. Well, saya memang tidak tahu seluk beluk dari hal ini, apa saja kategori yang dinilai yang menentukan akreditasi suatu Perguruan Tinggi ataupun Institut oleh Badan Akreditasi Nasional. Apa boleh buat, Surat Keputusan itu sudah turun..

Namun, bagi beberapa mahasiswa, termasuk saya sendiri, sebenarnya akreditas itu tidak terlalu penting. Kriteria saya memilih IBII bukanlah dari akreditasi atau apanya, melainkan dari atmosfernya dan tentu saja, sosok Kwik Kian Gie sebagai sang pemilik IBII. Toh, sejujurnya, akreditas itu tidak menjamin apa-apa, dan saya tetap percaya pada IBII.

Kembali lagi pada sisi psikologis hampir semua orang kepada IBII, terutama mungkin bagi para mahasiswa yang dikenakan biaya yang relatif mahal, dan juga para calon siswa SMA yang akan memilih perguruan tinggi.

Well, tidak banyak yang dapat saya katakan saat ini, karena baru Rabu depan Pak Rektor sendiri yang akan membuka forum terbuka dan menjelaskan segala-galanya pada para mahasiswa. Hal ini tetaplah momok bagi semua stockholders IBII, walaupun secara pribadi saya lebih mengedepankan peluang kerja setelah lulus IBII, yang terbukti sangat menjanjikan, dan juga sistem pengajaran yang saya alami selama 2 tahun ini, dibanding hanya akreditasi semata. Toh katanya, BAN hanyalah salah satu metode akreditasi, disamping metode Sisdikti.

Bagaimana ini Pak Rektor?? Pak Kwik, apa tanggapan anda? Apa yang harus kami katakan kepada mereka yang justru jadi meragukan kualitas IBII?? Tunggu saja berita selanjutnya pekan depan. Don't miss it..!!

2 comments:

liswandi said...

sammy?
ya ampun gw nyari di google ttg akresitas ibii malah dapet blog u

CoolBlogs said...

Heheh.. Bagus dunk lis, artinya blog gw udah eksis di google n di dunia maya..