Monday, January 12, 2009

The Three Operateers

Ada The Three Musketeers, ada The Three Operateers..

Tahun baru ini akhirnya aku memutuskan untuk memakai total 3 operator seluler yang kuanggap paling jujur dan paling baru, walaupun mungkin bukanlah yang terbaik..

Aku sudah gerah dengan layanan operator besar dalam negeri. Mungkin di antara teman-temanku, hanya aku yang pernah mencoba sekian banyak nomor sejak pertama kali aku pakai HP. Simpati, As, Jempol, Bebas, Xplor, IM3, Mentari, Fren, Esia, Hepi, Three, dan Axis. 3 nomor terakhirlah yang sekarang akhirnya permanen.

Aku kira trio Axis-Hepi-Three akan cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanku. Ironis memang jika melihat seorang pelajar Indonesia seperti saya saat ini harus memakai 2,3, bahkan pernah aktif 4 nomor sekaligus. Hal serupa terjadi pada teman-teman lain. Betapa tidak ada operator yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan kita. Semuanya berlomba-lomba menjatuhkan kompetitor dan tidak ada yang berlomba-lomba untuk memuaskan konsumen. Setidaknya hal ini yang diperlihatkan oleh Indosat dan XL. Sungguh tragis. Bersama Telkomsel yang terkenal sangat mahal, 3 market leader ini belum mampu membuat konsumen puas dan tentu saja, hemat.

Three dan Axis akhirnya muncul sebagai "penyelamat" dari luar negeri (ujung-ujungnya produk luar negeri lagi) yang bisa menyediakan layanan yang jujur dan baik. Sayang tarif internet Three masih mahal sehingga saya harus menggandeng Axis. Sisanya? Three benar-benar sebuah operator yang sejati!!

Hepi saya pakai untuk memenuhi kebutuhan CDMA, yaitu yang murah untuk menelpon ke telepon rumah dan ke sesama CDMA. Untuk ke GSM lain? Masih lebih mahal dari Three.
Hepi adalah hasil pelarian saya dari Esia yang lama kelamaan makin mahal dan makin tidak jelas.

Ke luar negeri? Tidak usah dipungkiri, Axis dan Three termurah..

Masalah signal? Masa bodoh. Toh Axis dan Three memang sedang berkembang kok. Sinyal di Jakarta tidak buruk-buruk amat. Bahkan di Bali, sinyal Three sangat kencang.

Lebih baik begini daripada terus dibohongi dan dikecewakan operator lain..

No comments: