Monday, November 03, 2008

XL "Gak Pake Mikir" : Tagihan Pribadi 17,66 Miliar Rupiah !!!

Surat pembaca pagi ini bikin gw kaget aja. Ada pelanggan Xplor di Serpong yang bill-nya mencapai 17,66 Miliar Rupiah!!!!! (Kompas 3 November 2008). Padahal dia bukan korporat atau perusahaan manapun, cuma personal usage aja, yang biasa gak nyampe 300 ribu per bulannya. Gle neh, ati2 aja dah gw ama operator dalam negeri yang makin menjadi-jadi. Paling sering adalah XL sama Indosat yang bikin ulah nyolong pulsa lah, nge-bill gak pake ukuran lah, regis2 SMS premium gak penting lah.. Maklum, gw pernah jadi korban kebobrokan XL sebelum ge beralih ke 3. Gw langsung kepikiran ama iklan XL yang pake monyet GA PAKE MIKIR. Yang gak pake mikir itu kayaknya orang XL-nya yang nge-bill atau siapanya seh?? Atau malah konsumennya yang gak pake mikir kayak monyet?? Iklannya bermakna dua. Saking monyet-nya para pelanggan, makanya XL asal colong pulsa aja n kasih tarif semahal-mahalnya, toh pemakainya gak bisa mikir. No offense buat para bloggers yang pake XL, tapi gw cuma prihatin aja sama produk layanan jasa dalam negeri yang makin bobrok.

Gara-gara berita suart pembaca akhir-akhir ini di Kompas, gw jadi keingetan lagi ulah operator yang aneh2. Paman gw pernah nge-net selama 3 jam pake XL 3G, dan tebak berapa tagihannya?? Karena gak bakal ada yang tahu, biar gw langsung kasih tau.. 950ribu!!!! Make sense gak seh?? Dan setelah meja customer service-nya digebrak sama paman gw yang idealis, bisa-bisanya manager XL setempat motong tagihan jadi 1/2 harga. Lu kira bokap lu baru beli XL?? Pada akhirnya, malah Paman gw cuma bayar 100 ribu doank. Itupun cuma abonemennya doank.

Masalah beginian udah terlalu banyak dan sanksinya gak tegas. Perlindungan konsumen terancam. Pemakai makin digoblok-goblokin (maaf, jadi kasar deh..). Wong dendanya terlalu kecil, sangat bisa dibayar oleh para operator yang omsetnya trilyunan per bulan!!

So, hati-hati yah bloggers, gw gak bela siapapun juga, tapi coba jadi konsumen yang lebih kritis menanggapi iklan yang menyesatkan!

-NELPON 1 MENIT, GRATIS 17 JAM
trus 7 jamnya lagi mesti bayar berapa semenitnya? SMSnya berapa duit? Gratis cuma antar XL doank.. Antar operatornya berapa???

-SMS SEMAUMU vs NELPON SEMAUMU
konsumen kok jadi kelinci percobaan, mangnya ga boleh kalo nikmatin dua-duanya sekaligus?? Cek lagi, bener2 "SEMAUNYA" apa??

-SMS 0,1 RUPIAH SEHARIAN
ngebohong kira-kira. ada juga bayar 10 SMS dulu trs baru 10 SMS seharga itu. Skema berulang terus. Bocor dah pulsanya..

-BICARA 1 MENIT, GRATIS 1 MENIT
Tarif 1 menit pertamanya berapa?? Blm lagi cuma sesama operator..

-BAYAR 3 MENIT, DAPAT 5 MENIT
3 menit pertamanya berapa?? Se-Indonesia ada belasan operator, masa cuma sesama operator??

-NELPON 0,01 PER DETIK SEHARIAN
dah males komentarinnya, cek sendiri aja deh..

dan masih banyak lagi. Contoh di atas dilakukan oleh trio raksasa Telkomsel, XL, dan Indosat.

So, smart bloggers, be critical and don't let them make fun of you!!

No comments: