Tuesday, September 29, 2009

Melanggar Rambu? Jangan Damai, Tilang Aja!!

Lho kok bisa damai malah minta tilang? Ini pengalaman pribadi gw, mudah2an bisa menambah informasi aja. Sidangnya baru pagi tadi gw jalanin.

KEJADIAN - 18 September 2009
Pagi itu gw ke bandara Soetta buat jemput sodara gw dari Surabaya yang naik Air Asia. Well, sembari masih ngantuk, gw jalan aja pelan2 coz blm ada kabar sodara gw udah mendarat ato belon. Masuk wilayah bandara, gw stay di jalur kiri. Eh ngelamun, tiba2 di depan udah ada percabangan. Ke kiri terminal 1 & 2, lurus terminal 3. Spontan gw potong aja garis lurus and ambil jalur kanan. Ehh, tiba2 ada polisi lagi nongkrong n diberhentiin deh.

Intinya saat itu gw kesel banget. pagi2 ada2 aja. Biasa deh, berharap ni polisi mau terima damai dengan uang sogokan. Gw masih berusaha membela diri dengan bilang rambu2nya mendadak (padahal jelas2 di depan banget udah ada petunjuknya, maklum lagi ngelamun). Alhasil terjadilah tawar menawar. Apa daya nih polisi lagi lurus banget (lagi puasa kali yah). Soale seumur2 gw gak pernah ketemu polisi nolak damai. Nih polisi malah nawarin denda 50ribu, resmi katanya, n gw masih keukeuh ga mau. Maunya damai. Ya udah, ditilang beneran deh. Jauh pula, di pengadilan negeri Tangerang. Bah..!!! Sial deh..

SIDANG MIN 1 HARI - 28 September 2009
Bokap bilang, harusnya H-1 SIM gw udah di pengadilan, jadi coba aja dateng tebus. Agak gambling. Jauh pula tempatnya. Gw coba aja telpon ke pengadilannya. Katanya SIMnya blm nyampe. Baru nyampe malem. Ga bisa diambil dulu. Weleh, untung ga asal pergi.

SIDANG - 29 September 2009
Hari ini sidang. Gw bangun pagi2 jam 7 kurang, gw pikir sidangnya jam 8. Buru2 deh ngebut ke Tangerang. Eh jalanan ga macet lho. Malah arah ke Jakarta yang macet (ya iya lah)^^. Jadi cuma 40 menit santai2 udah nyampe. Jam 8.30 baru nyampe. Ga taunya sidang jam 9. Cape deh, kepagian. Biasa deh, dari jauh2 banyak orang nawarin sbg calo, bahkan orang dalem aja nawarin jalan pintas. Halah, udah dosa, sidang aja lah, daripada pake calo2an.

Tapi Tuhan itu baik. Ternyata semakin pagi masukin berkas merahnya ke pengadilan, nama gw semakin cepet. Jam 9 tepat Pak Hakim masuk. Gelombang pertama udah dipanggil. Langsung aja dipanggil ke depan, ditanya "salahnya apa", dan dinasihatin "itu salah, ga boleh lagi ya", trus bayar denda ke loket Rp.60.500,-. Jam 9 lewat 10 udah bisa cabut. Jam 10 kurang 15 udah mendarat di rumah tercinta. Thanks God.

NYOGOK --> DOSA --> MUDAH KENA LAGI
Nyokap gw juga beberapa kali kena tilang. Dia idealis. Salah adalah salah. Ga mau damai. Mending tilang. Nyokap bilang, kalo kita nyogok namanya udah dosa. Bikin negara makin bobrok juga. Polisinya juga dosa. And, Tuhan pasti ijinin kita kena lagi besok2 untuk hal yang seharusnya gak kena. Beda ama bokap, dia maunya damai terus..

Trus gw inget2, beberapa waktu lalu pernah ketangkep di bunderan PI. Gara2 katanya motong kendaraan lah, apa lah, gag jelas juga. Akhirnya nyogok 20ribu. Nah sekarang untuk kesalahan yang sepele banget, kena lagi. Untung juga kemarin polisinya lurus. Jadi gak dosa deh ama Tuhan n ama negara. Well guys, sebaiknya ga usah nyogok. Masalah beberapa puluh ribu rupiah, tapi dosa bertambah di listnya Tuhan. Salah ya salah. Ga usah bikin nama kita blacklist di mata Tuhan. Ntar dikasih lagi kesalahan2 lain yang sounds foolish, tapi toh terjadi, kayak gw ini.

TIPS:
1. JANGAN MELANGGAR RAMBU LALU LINTAS. ADA ATAU TIDAK POLISI, TUHAN TETEP TAHU KOK.

2. KALO EMANG TERLANJUR SALAH, SENGAJA GAK SENGAJA, TRUS DITANGKEP, AKUI KESALAHAN. JANGAN MENYOGOK. DOSA. TILANG AJA. JADI MORAL TERJAGA, NEGARA PUN GAK DIRUGIKAN DENGAN KKN. TUHAN BERKENAN.

3. IKUT SIDANG AJA. GA USAH PAKE CALO. MALAH RIBET N BISA2 KENA MAHAL. DATANG MAX.30 MENIT SEBELUM SIDANG. EMANG RAME, TAPI JADI CEPET.

4. KALO GA SEMPET DATENG SIDANG, DATENG H+1 OR 2. BIAR BERKASNYA GA KEMANA-MANA. TAKUTNYA UDAH DIOPER-OPER KE TEMPAT LAIN.

MUDAH-MUDAHAN BERGUNA. SELAMAT MELAKUKAN HAL YANG BENAR. GBU.

2 comments:

Helen said...

Koko gw pernah kena tilang,tp dy idealis gt,gk mau damai. Jd d kena tegor bokap. Kt bokap,klo pengadilan buang waktu,mending damai aj.hahaha.gw gk tau d mau bela mana

Sammy said...

ada 2 opsi:
1. minta slip biru. bayar denda di bank BRI, ga usah ke pengadilan.

2. bayar denda di tempat plus tandatangan terdakwa. ga usah ikut pengadilan juga.

POKOKE JANGAN SAMPAI UANG ITU NYAMPE DI KANTONG SI BEJAT HEHHEH..