Tuesday, August 04, 2009

Premier League 09/10 : Arsenal Tetap Percaya Diri

Gallas, Fabregas, Walcott, dan Almunia - tetap dipertahankan


Satu hal yang membuat saya senang dengan Arsene Wenger dan Arsenal tentunya, mereka percaya pada kekuatan diri sendiri, dan tidak tergantung pada pembelian pemain baru yang mahal dan tidak masuk akal. Beberapa tahun terakhir ini menjadi pembuktian Wenger bahwa mereka tetap bisa bertahan di "The Big Four" dengan squad pemain muda mereka. Pasca hengkangnya Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Robert Pires yang menua serta pensiunnya beberapa legenda sepakbola Dennis Bergkamp, Tony Adams, dan David Seaman, Arsenal praktis dimotori oleh pemain muda di bawah 21 tahun, sebut saja jenderal lapangan tengah yang kini menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia, Cesc Fabregas serta penyerang sayap berbahaya Theo Walcott.

Wenger menyadari bahwa squad muda ini butuh sosok kepemimpinan yang lebih tua, tidak semata-mata hanya mengandalkan energi dan kecepatan saja. Willian Gallas pun kini diplot sebagai sosok tetua tersebut, walaupun pada praktiknya ia belum bisa menjadi teladan bagi rekan setimnya. Tomas Rosicky banyak mengalami cedera, dan Aliaksandr Hleb dilepas ke Barcelona.

Menghadapi musim baru mulai bulan ini, di mana hampir seluruh klub besar di Eropa berlomba-lomba memburu pemain, Arsenal justru melepas 2 pemain kuncinya ke "calon klub raksasa" Manchester City. Mereka adalah striker andalan Emmanuel Adebayor dan palang pintu utama Kolo Toure. Hal ini mungkin dikecam oleh sebagian fans. Namun lagi-lagi Wenger menegaskan bahwa pembelian jor-joran tidak menentukan sukses klub, melainkan latihan keras dan disiplin diri sendiri. Filosofi ini dipegang teguh selama 4 tahun terakhir ini. Hasilnya? Masih nihil. Fans Arsenal mungkin akan memberikan satu musim lagi bagi Wenger dan pahamnya tersebut.

Pembelian Andrei Arshavin awal tahun ini dianggap sebagai pembelian yang sukses. Arshavin berhasil menjadi "peluru" yang tajam dan tepat sasaran. Sementara untuk lini belakang, Wenger hanya memberi Thomas Vermaelen dari Ajax Amsterdam. Dalam beberapa uji coba terakhir, beberapa nama mencuat karena penampilan mereka yang semakin menawan dan meyakinkan, di antaranya Jack Wilshere dan Aaron Ramsey. Kabar baik yang membuat Wenger makin senang, adalah pulihnya Rosicky serta striker Eduardo da Silva. Tampaknya Eduardo akan diduetkan dengan Robin van Persie di lini depan.

Arshavin kini menjadi peluru utama Wenger

Ada rumor bahwa saat ini Wenger sedang mengincar striker Marouane Chamakh dari Bordeaux. Mungkin untuk melapis lini depan Arsenal. Saya kira beli atau tidak beli, Arsenal bisa tetap maju dengan squad-nya saat ini.

Di lini tengah, Arshavin dan Walcott akan menemani Cesc Fabregas dan Vassiriki Abou Diaby sebagai jangkar yang kokoh dan energik. Rosicky dan Wilshere akan memberikan warna permainan yang lain jika diperlukan. Belum lagi ada Samir Nasri yang kemampuannya semakin terasah. Gallas akan tetap menjadi palang pintu utama bersama Vermaelen, ditopang oleh Mikael Silvestre dan Emmanuel Eboue. Tidak usah takut, Wenger masih memiliki Bacary Sagna dan Gael Clichy sebagai pelapis. Di bawah mistar, Manuel Almunia atau Lukasz Fabianski akan menjaga gawang The Gunners dengan baik.

So, Wenger, musim ini mau dapat gelar apa?

Wenger (kanan) akan memberi kepercayaan lebih kepada Wilshere

No comments: