Sunday, May 17, 2009

BOYZONE is BACK!!!


Saya pernah menulis sebuah posting tentang "Era Boyband Yang Tidak Pernah Berakhir". Hal ini didasarkan atas kembalinya New Kids On The Block (NKOTB) yang cukup mengguncang dunia musik Barat. Juga tidak lupa pada eksistensi dan konsistensi boyband seperti Backstreet Boys dan juga Westlife. Kini, satu lagi nostalgia indah di akhir tahun 1990-an yang kembali menggelar konser keliling dunia serta berencana menelurkan album barunya akhir tahun ini. It's BOYZONE.

Bagi saya, Boyzone adalah boyband yang paling romantis serta melankolis yang selalu menghasilkan tembang-tembang manis nan indah dibanding BSB yang energik, Westlife yang klasik, serta NKOTB yang nge-beat. Siapa yang tak kenal lagu 'Picture of You', 'Baby Can I Hold You', 'Isn't It a Wonder', ' All That I Need', 'No Matter What', 'Everyday I Love You', dan 'A Different Beat'?? Belum lagi, personil mereka yang bersolo karir, setali tiga uang, juga menelurkan lagu-lagu yang serupa. Ronan Keating. Pasti masih ingat lagu 'When You Say Nothing At All', 'You Needed Me', 'Life Is A Rollercoaster', 'Father and Son', dan masih banyak lagi.

Sayangnya,boyband ini dinyatakan tamat pada tahun 2000, justru di saat boyband lain sedang berkibar. Egoisme, individualisme, serta sifat-sifat lain yang masih 'anak muda' banget membuat mereka harus berpisah. Stephen Gately, salah satu personil yang bersuara emas dan mengaku bahwa dirinya gay, tidak bisa mengikuti jejak Ronan. Tembang andalan Gately yang merupakan remake, 'Bright Eyes', soundtrack Billy Elliott 'I Believe' serta lagu yang berjudul sama dengan album itu sendiri 'New Beginning' tidak mampu bicara banyak di pasaran. Personil lain? Mereka kembali beraktivitas masing-masing.

"Saya bukan penyebab Boyzone bubar, namun karena sayalah Boyzone tidak kembali." (Komentar Ronan Keating menanggapi alasan bubarnya BOYZONE)


8 tahun berselang atau tepatnya hampir 9 tahun kemudian saat saya menemukan DVD Boyzone Tour 2008 di Mangga Dua, mereka kembali menggelar konser reunian yang di luar dugaan disambut secara luar biasa oleh para penggemarnya yang kini sudah berusia akhir 20-an hingga 30-an. DVD ini merekam salah satu konser mereka yang terheboh, yaitu di Manchester, Inggris. Tema reuni mereka : BOYZONE, BACK AGAIN, NO MATTER WHAT. Hasilnya sungguh memuaskan. Termasuk saya yang ternyata terbawa emosi haru dan sedikit bernostalgia masa SD (halah), saya pikir penggemar lain pun mengalami hal yang sama.

Semua tembang andalan Boyzone diputar, termasuk beberapa single Ronan dan Stephen, Boyzone berhasil membawa diri mereka dan juga para penggemarnya kembali ke usia belasan tahun. Hasil yang luar biasa ini berbuntut indah. Mereka memutuskan untuk menulis album baru tahun ini. Kita harap saja hasilnya bisa seindah NKOTB dan mereka pun bisa kembali membuat belantara musik dunia semakin manis dan romantis.

No comments: