Monday, March 28, 2011

Liburan ke Phuket-Pattaya-Bangkok (9 Hari)

PHUKET-PATTAYA-BANGKOK TRIP – 14-23 Maret 2011

Wuahhh akhirnya saya kembali nge-blog setelah sekian lama absen dari dunia blogger. Secara bener-bener penuh dan sepertinya tak ada waktu, tak ada topik yang benar-benar ingin saya ekspresikan lewat blog. Tidak untuk yang satu ini. Adalah liburan saya ke Thailand selama 9 hari 7 malam yang akan saya bahas kali ini. Mudah-mudahan bisa berguna bagi kalian yang membacanya.

Boleh dibilang, liburan ini adalah penantian saya selama lebih dari 1 tahun. Kurang lebih Maret tahun lalu, saya sudah book tiket untuk ke Thailand bulan Agustus 2010, akan tetapi batal karena ada pekerjaan besar dan penting yang harus dikerjakan. Nah, sebelum Agustus 2010 pun saya sudah book tiket lagi ke Thailand untuk Maret 2011 ini, dengan teman yang berbeda. Akhirnya saya bertiga dengan kedua teman memastikan untuk book tiket ini. Adapun rencana kami adalah Jakarta – Phuket dan Bangkok – Jakarta. Harga tiket sekitar 830 ribu rupiah. Biasa, Air Asia memang paling mantap kalo urusan harga. So, here we go! Puji Tuhan akhirnya pergi!!

CITY 1 : PHUKET (14-16 Maret) – it’s all about the beaches -

Lewat penerbangan sore, kami sampai di Phuket dengan selamat pada pukul 8 malam. Wuih, suasananya langsung beda deh tuh. Serasa di belahan dunia lain. Padahal jam nya aja masih sama dengan Jakarta hehe. Lebay. So, kami langsung menggunakan Taxi Meter (jangan taksi lain. Keluar bandara, belok kanan lurus terus nanti ketemu Taxi Meter) menuju hotel Rattana Mansion di Phuket Town. Agak jauh memang dari Bandara, tapi hanya menghabiskan 400 Baht (1 Baht = 292 Rupiah, kurs per 10 Maret 2011, tapi biar gampang kaliin 300 Rupiah aja deh ya hehe). Oh ya, untuk hotelnya kami sudah book online lewat Agoda.com. Walaupun murah, lokasinya strategis dan kamarnya cukup oke kok. Itung-itung semalam kena 300 ribu, termasuk extra bed, tidak termasuk breakfast.

Melalui info sebelumnya, kami langsung book tour ke Phi-Phi Island lewat hotel kami. Kalo gak salah nama tour nya Sea Angel. Biaya 1500 Baht per orang (450ribu rupiah, sudah termasuk antar jemput dari hotel, makan siang buffet, life jacket dan alat snorkeling). Pilih yang speedboat, karena walaupun lebih mahal, lebih puas karena pergi ke lebih banyak tempat. Apa daya ternyata tournya sudah penuh, ya sudah kami book untuk hari Rabu tanggal 16-nya saja.

Malam itu juga kami langsung jalan kaki keliling sekitar hotel. Maklum, kami suka sekali berjalan kaki, biar sehat sekaligus hemat hehe. Langsung deh nyicip makanan khas-nya, apalagi kalo bukan Tom Yam hehe. Harganya cukup tinggi, makan berdua saja habis 200 Baht (60ribu). Tapi emang isinya lumayan banyak buat berdua hehe.

Patong Beach and…all around Phuket

Besoknya kami langsung sewa 2 motor (200 Baht / 60 ribu per hari per motor) untuk keliling Phuket. Jangan ragu, karena motornya bagus2, beda lah sama di Bali hehe. Cuman bensin nya aja rada mahal, jadi mesti agak puas-puasin keliling kota nya. Skali isi bensin full tank untuk Scoopy or Mio gitu 80-100 Baht lah (25-30ribu rupiah). Kami pun main ke Patong Beach yang katanya paling terkenal se-Phuket. Trus kelilingin aja tuh pinggir pantai ke utara, off road gitu, bermodalkan peta yang sudah saya siapkan dari Jakarta. Di san amah enak, petunjuk jelas, rapi, semuanya tunduk peraturan, ga pernah liat ada polisi nilang2. Yang penting kita juga taat peraturan aja hehe. Intinya kami keliling2 aja sampe puassss. Skalian ke stasiun bus (tidak jauh dari hotel kami) untuk beli tiket bus ke Pattaya, Rabu 16 Maret 2011 pk.18.00.

Untuk info satu ini, saya sekelibat aja yah. Jadi di Patong Beach ada yang namanya Bang La Road, rame abis, bagus buat liat bar-bar yang isinya cewek-cewek joget gtu. Nah kami mencoba nonton Go Go Girl Show. Masuknya cukup beli minum seharga 800 Baht (sama aja nih mah) sambil nonton ehm ehm. Yah pokoknya coba sendiri deh ya. Only in Thailand!! Hehe..

Phi-Phi Island

Nyok, mari ikutan tournya. Kalau nggak salah, ada 4 atau 5 spot yang kami datangi selama tour. Pertama, of course the famous one, yang biasa orang foto2 tuh, tempatnya Leonardo DiCampret. Trus lihat-lihat pemandangan di tebing2 tinggi gtu. Makan siang di apa namanya itu lupa, pokoknya makan sepuasnya lah, hehe. Prasmanan. Trus lihat monyet juga tapi rada males, secara di Sangeh banyak wkwk. Finally ke Khai Island untuk berenang di pantai dan bermain di pasir putih. Wuih pokoknya asik deh. Ikutin aja semua programnya. Balik ke hotel sekitar jam 4an sore.

Nah kami langsung bersiap2 deh tuh. Secara kan kami mau langsung naik bus ke Pattaya. Bagaimana ke stasiun nya? Jalan kaki yang semangat! Deket kok. Makanya jangan bawa barang banyak-banyak. Kan nanti mau belanja di Bangkok hihi. So, mari kita langsung mengarungi perjalanan selama 14 jam ke Pattaya. Berangkat jam 6 sore, mampir makan malam di Suratthani jam 10 malam (makanannya aneh, ga enak!! Untung bis-nya enak hehe), dan akhirnya sampai di Pattaya jam 8 pagi. Masih sepi banget nih ya Kamis pagi. Apa pada gak kerja n sekolah ya? Sampe sekarang gak tau jam kantor sama sekolah di Thailand itu gimana. Oh ya, biaya naik bus 848 Baht per orang (kira2 250 ribu lah gtu ya)

CITY 2 : PATTAYA (17-20 Maret) – it’s all about the entertainment

Pada bilang sih ini kota hiburannya Thailand yang luar biasa. Penuh dengan berbagai macam “hiburan”. Ya monggoh kalo gtu hehe. Kami check-in dulu pas pagi di Sawasdee Place Hotel, Pattaya Utara. Biaya hampir2 sama lah. Bersihnya 300 ribuan per malam, termasuk extra bed dan kali ini juga termasuk breakfast ala Amerika hehe. Worth-it lho!! Gimana cara nyampe dari pas diturunin ama bus ke hotel? Naik angkot. Itu tuh yang kayak oplet si Doel tapi ya versi keren hehe. Biaya 50 Baht saja per orang. Duh, pas kita tahu mah, Pattaya itu kota kecil. Kami sama sekali tidak pake kendaraan di sini. Bener2 pake kaki doang hehe. Langsung deh ya siang itu kami berjalan-jalan mengenal medan.

Malamnya, langsung nonton Alcazar Cabaret Show. Hmm, awalnya rada bimbang karena Pattaya punya Tiffany Show yang sama besar dan terkenalnya. Tapi ya sudah cap cip cup pilih Alcazar. Nonton di bangku VIP biayanya sekitar 800 Baht (240 ribu) sudah termasuk welcome drink. Wajib nonton ya kalo ini. Bagus hehe. Nah abis show, saatnya para tamu foto-foto sama para banci cantik di luar. Wah, kalo foto bareng mereka bayar 100 Baht boo! Tapi lama-lama melunak, makin sepi, sehingga 20 Baht pun mau wkwk. Ternyata, setelah kami riset *ce ileh*, banci Tiffany lebih cantik2 lhow. Cuman ga rela aja kalo kluarin biaya 800 Baht lagi buat nonton huhu. Ya udah numpang liat banci-banci nya aja hehe. Sama bayar sedikit untuk foto bareng. Intinya, silahkan anda pilih salah satunya. Belum bisa kasih penilaian mana yang lebih bagus juga soalnya. Hehe.

Besoknya, kami ambil paket tour ke Nongnooch Garden, kayak taman bunga-nya si Pattaya gitu. Biaya 850 Baht per orang, termasuk antar jemput dan makan siang buffet mewah!! Wajib juga nih kayaknya buat para first timers. Tempatnya bagus. Oh ya, ini harga untuk tour seharian dari pagi sampe sore. Nah puas-puasin deh tuh ya foto-foto hehe. Harga ini juga termasuk nonton culture show sama elephant show. Cute!!

Malamnya, kami masih iseng ke Tiffany untuk lihat sesi foto pasca shownya. Jadi critanya kami bener-bener demen sama salah satu banci bermuka boneka, cantik banget, namanya Kang, wkwk. Jadi sambil tegur sapa lagi sama dia deh hehe.

Hari terakhir di Pattaya kami hanya menikmati kota tersebut secara umum. Jalan kaki di sepanjang jalan pantainya. Eh apa daya lagi ada event International Music Festival gtu, gratis. Ada 4 panggung berbeda dengan genre musik yang juga berbeda, yang boleh kita tonton secara gratis. Itu artis dari seluruh Asia pada dateng. Yah saya gak kenal semua, secara bukan penggemar musik Asia. Dari Indonesia, ada Superkidz. Sampe detik ini saya gak tau mereka itu apa dan siapa hehe. Tapi emang jodoh, malam itu ada RAIN membawakan 5 lagu. Ya norak2 dikit lah gtu nonton konser gratis. Eh pas jalan pulang ketemu Kang si banci Tiffany lagi hehe. Mantap!!

Besok paginya, kami segera ke stasiun bus, kali ini naik angkot karena mayan jauh dan kaki mulai berasa sakit karena berjalan terus, secara kumulatif, beuh!! Murah kok, Cuma 10 Baht per orang hehe. Bis dari Pattaya ke Bangkok selalu ada setiap 30 menit dari jam 5 pagi sampe 10 malem. Gak perlu beli tiket dulu. Langsung datang, beli tiket, pasti dapet. Biaya 114 Baht per orang. Berarti Cuma sekitar 30ribuan. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam paling lama.

CITY 3 : BANGKOK (20-23 Maret) – it’s shopping time!!

Sampe di Bangkok sekitar jam 11 siang, karena kami berangkat dari Pattaya pukul 09.30 pagi. Langsung ada beberapa taksi menawarkan jasa transportasi ke hotel. Hmm, karena nggak ngerti jalan juga, asal gak mahal, naik aja lah. Biaya 300 Baht saja termasuk biaya tol ke Hotel Nice Palace di Bangkok Utara. Sengaja biar ke bandara-nya gak terlalu jauh pas pulang nanti hehe. Secara di Bangkok ini banyak tuk-tuk (bajaj yang bagus), taksi, dan juga bisa naik Skytrain (Jakarta juga punya, yaaa 20 tahun lagi lah hehe).

Biaya kurang dari 300 ribu semalam, dengan extra bed, tanpa breakfast, Nice Palace Hotel boleh menjadi pilihan anda juga. Gak terlalu jauh juga dari stasiun BTS Skytrain Saphan Kwai. Naik Skytrain ke pusat kota hanya menghabiskan 35 Baht per orang. Keren lagi! Hehe..

Pas banget nyampe hari Minggu di Bangkok, karena anda WAJIB ke Chatuchak Weekend Market yang super murah, super luas, dan super lengkap, gak terlalu jauh juga dari ane punya hotel hehe. Hanya buka Sabtu-Minggu. Jadi usahakan di kedua hari ini, anda ada di Bangkok hehe. Kalo naik tuk-tuk, paling 50 Baht per tuk-tuk (max 3 orang). Selamat belanja sampe puass!!!

Senin pagi kami naik tuk-tuk ke Chao Phraya River. Murah sih tuk-tuk nya 50 Baht saja, tapi yang kami tuju ini, kayaknya kurang worth buat kita. Jadi ada wisata naik boat keliling sungai besar ini. Tapi cuman lewatin (gak mampir) ke temple2 dan Grand Palace-nya. Gak tahu apakah kami yang salah atau bagaimana, yang pasti per boat nya kena 1500 Baht (sekitar 450 ribu rupiah). Karena kami Cuma bertiga, berat banget deh. Mungkin kalo ber-8/ber-10, agak tutup mata deh ya hehe. Siang itu juga hujan. Setelah hujan berhenti, kami langsung ke Chinatown. Hmm, mirip sama Glodok and the Gang banget, and produknya made in China semua. Dibilang murah, nggak juga. Mending Chatuchak. Tapi ya asal tahu aja kan, sama asal makan dan jajan di sana.

Selasa dan Rabu kami habiskan untuk pergi ke MBK (Ma Bun Kroong) yang terkenal ini, banyak turis Indonesia juga yang ke sini. Ini Mangdu-nya Bangkok lah begitu kurang lebih. Nah boleh deh tuh cari oleh-oleh, pakaian, sepatu, dll. Harga masih bisa tawar. Jadi agak pintar-pintar menawar aja yah hehe. MBK ini juga berdekatan sama Siam Paragon, Siam Centre, sama Siam Discovery. Yah kayak GI, PI, sama EX gtu lah modelnya. Tapi kalo di Siam lebih branded gtu semuanya hehe. Boleh lho mampir ke Museum Madame Tussaud yang ke-10 di Siam Discovery. Harga tiket masuk 800 Baht. Wuih karena duit udah terbatas, pending dulu dah gueee. Foto sama yang gratisan aja, dipajang di luar gtu, patungnya Cristiano Ronaldo sama Tom Cruise wkwk.

Intinya sih, di 2 hari terakhir ini kami habiskan layaknya orang Jakarta yang suka ke Mall, trus ke Mangga Dua gitu. Kalau anda penggemar film, boleh mampir ke toko filmnya. Banyak banget koleksi DVD mereka, film-film Eropa yang gak bakalan ada di Indo, Harganya? Cukup reasonable. Berkisar antara 79-150 Baht. Oke banget lah untuk kelas DVD Original!

Dan yang paling mantap, pas banget di MBK ada World Thai Boxing Championship. Wah, nonton gratis lagi deh hehe. Seru banget, lebih seru dari boxing biasa, apalagi kalo petarung Thailand bertemu petarung dari Barat, kesannya kayak mewakili benua masing-masing gitu, hehe. Berdarah-darah!! Selamat buat para juara dari Thailand, Ukraina, Polandia, dan Uzbekistan (ada beberapa kelas soalnya).

END

Liburan yang sangat memuaskan. Hitung-hitung habis biaya7 juta Rupiah, tapi udah termasuk belanja segala. Tanpa belanja, mungkin sekitar 5 jutaan saja. Murah! Ini hitungannya udah all-in sama tiket pesawat, hotel selama 7 malam, sama transportasi dan makan murah. Hehe. So, buat yang sedang berencana liburan ke Thailand, have a nice trip!!!

TIPS:

- Bawa Baht banyakan, karena Rupiah benar-benar tidak berharga di sana. Nilai tukarnya amat sangat menyedihkan!! Lebih baik bawa USD atau Dollar lain karena akan jauh lebih berharga. Kalau terpaksa, ambil ATM atau gesek kartu kredit, dibanding menukarkan Rupiah anda.

- Book hotel melalui situs-situs penyedia hotel, beberapa minggu sebelum keberangkatan, supaya lebih aman saja. Biasanya ada referensi sesuai kebutuhan dan keinginan ada. Kalau saya pakai www.agoda.com.

- Kalau bisa, siapkan holiday trip anda lebih matang. Kalau saya memang tidak tertarik ke kuil-kuil or monument gtu. Jadi saya lebih banyak landscape sightseeing, makan, belanja saja.

- Kalau yang suka berjalan sendiri, tanpa tour, siapkan peta per kota (kalau saya Phuket, Pattaya, Bangkok) dan beberapa kata umum dalam bahasa Thailand supaya lebih mudah saat di jalanan. Percayalah, ga seribet di Jakarta. Tapi ya memang bahasa agak susah kalo di jalanan, jadi harus agak “Tarzan” hehe.

- Segala sesuatu di Thailand bisa ditawar dan harganya tidak mahal. (umumnya, hehe) jadi agak berbijak kalau naik taksi, naik tuk-tuk, atau pesan tour. Kecuali makan, rata-rata udah fixed cost, tinggal pilih sesuai selera dan bujet.

- HAVE A VERY INTERESTING AND UNIQUE TRIP IN THAILAND!!




70 comments:

Lukisan said...

Makasih Gan atas sharenya, ini tujuan wisata berikut nya, heeeee...

Salam super :)

Sammy said...

Sama2 gan. Have a nice trip. Jadi kepengen ke Thailand lg wkakaka

Tripper said...

Hi, nice story. boleh tanya gak? untuk phuket-pattaya itu keburu yah kalo habis tour langsung ke terminal dan naik bis ke pattaya??

thnx

Sammy said...

Perjalanan dari Phuket ke Pattaya itu memakan waktu 12-14jam dgn menggunakan bus. Lebih baik pergi sore spy irit biaya hotel dan ga makan waktu siang hehe. Kburu kok, mereka punya banyak pilihan jam.

Ada aja bus yg berangkat setiap 30 atau 60 menit :) Have a nice trip!

Tripper said...

sammy thnx buat infonya. mau memperjelas lagi, jadi bis dari pattaya ke phuket itu paling malam jam brapa yah?
iya bener aku mau hemat jadi biar ga nginep di phuket, jadi abis tour phi2, maunya langsung ke pattaya naik bis..(bisa kan yah.
untuk tour ke phi2 itu bisa cari via online atau pas sampe phuket aja carinya?atau di bangkok ada?

Sammy said...

Untuk tour phi2 island tdk usah khawatir, krn biasanya pihak hotel bisa langsung bantu H-1 hehe. Jd tdk usah online dlu.

Utk yg plg malam saya agak lupa. Tapi rasanya sampe jam 8-9mlm masih ada. Itu nanti cari di Phuket Town, di stasiun. Banyak yg jual. hehe.

Kalau boleh ksh rekomendasi, saya menginap di Rattana Mansion (akses lewat agoda) di Phuket Town. Dsana murah dan strategis. Gak jauh jg dari stasiun bus ke Pattaya :)

Michael Ronaldo said...

Mau nanya gan. Selain tour sea angel apakah ada rekomendasi lagi buat tour yang lain yg agan tau? Saya rencana april mau ke phuket..

Sammy said...

@Michael Ronaldo

Kebetulan untuk rekomendasi tour saya dapatkan dari hotel. Rata2 kualitasnya sama dan biasanya dr hotel akan merekomendasikan yg terbaik.

Jadi klo mnrt saya agan tanya resepsionis hotel terkait aja :D

Have a nice trip!

Anonymous said...

kalau via resepsionis, bisa pake nawar gak yah rate tournya?

Sammy said...

@Anonymous

Spengetahuan saya sih hrg mrk sudah fixed
Dicoba saja kalau memang bisa ya. Mungkin masing2 hotel beda :)

Anonymous said...

Excellent way of explaining, and pleasant post to obtain facts on the topic of my presentation subject matter, which i am going to deliver in college.


Here is my web blog ... jakarta indonesia flights

Anonymous said...

When someone writes an post he/she retains the plan of a user in his/her
mind that how a user can know it. Thus that's why this post is outstdanding. Thanks!

My weblog Montien Hotel Pattaya Map

Anonymous said...

[url=http://MirSkidok.ru/teztour]тез тур поиск тура[/url]
[url=http://mirskidok.ru/tailand/]отдых тайланд цены[/url]


Компания MirSkidok.ru осуществляет деятельность в сфере услуг уже более 10 лет, проложив принципиально новый путь к решению такого немаловажного вопроса, как организация отдыха. В MirSkidok.ru работает команда профессионалов высокого уровня, имеющие многолетний опыт в сфере туризма.
Основные принципы работы компании состоят в индивидуальном подходе, участливом отношении к каждому клиенту, предоставляя качественные услуги по наиболее доступным ценам. Во всех офисах магазина общая база предложений, которая периодически обновляется, потому цены во всей сети одинаковые. Чтобы стать покупателем лучшего тура по наиболее выгодной цене, достаточно поинтересоваться, где располагается ближайший офис MirSkidok.ru.
В концепцию развития компании входит ограниченное число поставщиков туристических услуг, чтобы качество и уровень обслуживания оставался неизменно на высоком уровне. Мир Скидок является профессиональной сетью агентств, которые специализируется не только на одних «горящих» турах, путевках со скидками и бонусами на приближающиеся выходные или праздничные дни, но также и на поездках с ранним бронированием.
Число клиентов Мира скидок неумолимо увеличивается с каждым днем. В планах MirSkidok.ru - активно расширять сеть по всей России, внедрять следующие проекты для максимально комфортабельного времяпрепровождения клиентов.

[url=http://MirSkidok.ru/turciya/]турцию[/url]
[url=http://MirSkidok.ru/tunis/]тунис путевки[/url]

Anonymous said...

[url=http://MirSkidok.ru/turciya/]купить путёвку в турцию[/url]
[url=http://MirSkidok.ru/turciya/]путевка в турцию[/url]


Компания MirSkidok.ru осуществляет деятельность в сфере услуг уже более 10 лет, осуществляя принципиально новый путь к решению такого немаловажного задания, как организация отдыха. В сети работает команда специалистов высокого класса, имеющие многолетний опыт в сфере отдыха.
Основные принципы работы MirSkidok.ru состоят в индивидуальном подходе, участливом отношении к каждому клиенту, предлагая качественные услуги по наиболее низким ценам. Во всех офисах компании общая база предложений, которая периодически обновляется, поэтому цены во всей сети одинаково низкие. Чтобы стать покупателем лучшего тура по наиболее низкой цене, достаточно знать, где находится ближайший офис MirSkidok.ru.
В концепцию развития торговой марки входит определённое число поставщиков туристических сервисов, чтобы качество и класс обслуживания оставался неизменно на высоком уровне. Мир Скидок является профессиональной сетью туристических агентств, которые специализируется не лишь на одних «горящих» турах, путевках со скидками и бонусами на приближающиеся выходные или праздничные дни, но также и на поездках с ранним бронированием.
Число клиентов компании неумолимо увеличивается с каждым днем. В планах компании - активно расширять сеть по всей России, внедрять новые проекты для максимально комфортабельного отдыха клиентов.

[url=http://MirSkidok.ru/kipr/]отдых на кипре с детьми[/url]
[url=http://MirSkidok.ru/egipet/]египет горящие туры[/url]

Anonymous said...

I really like reading an article that can make men and women think.
Also, thank you for allowing me to comment!

Feel free to visit my page; Melasti Beach Resort Kuta Bali

Anonymous said...

Aw, this was a very nice post. Taking the
time and actual effort to generate a superb article… but what can I say… I put things off a whole lot and don't manage to get nearly anything done.

Look into my web blog - Kuta Rock City Superman Is Dead

Anonymous said...

Can I simply just say what a comfort to discover somebody who
actually knows what they're discussing over the internet. You definitely realize how to bring an issue to light and make it important. More and more people have to look at this and understand this side of the story. I can't believe you're not more popular since you definitely have the gift.

my webpage TN Requin Pas Cher

Anonymous said...

Heya i am for the first time here. I found this board and I find It really helpful & it helped me out
much. I am hoping to present something again and help others such as you aided me.


my homepage :: Louis Vuitton Outlet Online

Anonymous said...

What's up it's me, I am also visiting this web site regularly,
this web site is truly pleasant and the users are in
fact sharing pleasant thoughts.

Take a look at my page - Cheap Jerseys

Anonymous said...

I visited many sites except the audio quality for audio songs current at this site
is really fabulous.

My webpage: http://Www.officielleairjordansshop.com

Anonymous said...

I constantly spent my half an hour to read this website's articles all the time along with a cup of coffee.

Also visit my page :: Cheap NFL Jerseys

Anonymous said...

Every weekend i used to go to see this web site, because i wish for enjoyment, since this this web page
conations truly nice funny information too.


Here is my web blog http://www.wheelhousebikes.com/airmax.cfm

Anonymous said...

Good day! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing very good success.
If you know of any please share. Thank you!

My web blog: Cheap Jerseys

Anonymous said...

This site was... how do you say it? Relevant!! Finally I've found something that helped me. Thanks a lot!

Feel free to surf to my site - Basket Air jordan Femme

Anonymous said...

Howdy! I could have sworn I've been to this blog before but after browsing through some of the articles I realized it's new to me.
Regardless, I'm definitely happy I stumbled upon it and I'll be bookmarking it and checking back regularly!


Look at my web blog cheap nfl jerseys

Anonymous said...

Pretty! This has been an extremely wonderful article.

Many thanks for providing this info.

Also visit my site - Air Max

Anonymous said...

Hi there, I would like to subscribe for this blog to get latest updates, therefore where can i do it please help out.


Check out my webpage: Authentic Sidney Crosby Jersey

Anonymous said...

I read this article fully regarding the comparison of hottest and
earlier technologies, it's awesome article.

Check out my webpage :: http://www.converseshopfr.com/

Anonymous said...

Wonderful beat ! I would like to apprentice whilst you amend your website, how can i subscribe for a weblog website?
The account helped me a appropriate deal.

I were tiny bit familiar of this your broadcast provided shiny transparent concept

My homepage; Converse Pas Cher

Anonymous said...

Thanks a lot for sharing this with all of us you actually
understand what you are speaking approximately! Bookmarked.

Please additionally consult with my site =). We can have a hyperlink change
contract among us

Also visit my homepage :: NFL Jerseys Wholesale

Anonymous said...

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on
the video to make your point. You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something informative to read?


my blog post; Air Jordan Pas Cher

Anonymous said...

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though
you relied on the video to make your point. You definitely know what youre talking
about, why waste your intelligence on just posting videos to your weblog when you could
be giving us something informative to read?


Here is my website - Air Jordan Pas Cher

Anonymous said...

I'll right away take hold of your rss as I can't find your email subscription hyperlink or e-newsletter service.

Do you have any? Kindly let me recognise in order that I may
just subscribe. Thanks.

my page :: http://www.officielabercrombiebe.com/

Anonymous said...

Excellent blog post. I certainly love this site. Keep it up!


Also visit my blog; Air Max Classic Bw

Anonymous said...

Overland Park is a proper populated area various 173,000 residents in the suburbs of
Iowa City's Metropolitan Space. And as a consequence you can't overlook about the sport
that has that will help be defeated.

Here is my webpage ... how to find affordable seo services

Anonymous said...

I am sure this post has touched all the internet visitors, its really really fastidious paragraph on building up new weblog.



Also visit my blog post - Michael Kors Outlet

Anonymous said...

Simply want to say your article is as surprising. The clarity on
your post is simply great and i can think you are knowledgeable on this subject.
Well together with your permission let me to grab your
feed to keep up to date with coming near near post.

Thanks a million and please keep up the rewarding work.


Stop by my site ... Abercrombie and Fitch

Anonymous said...

I every time used to study paragraph in news papers but now as I am a user of internet thus from now I am using net for content, thanks to web.


Also visit my webpage: Converse Pas Cher

Anonymous said...

I'm truly enjoying the design and layout of your website. It's a very easy on the eyes which
makes it much more pleasant for me to come here and visit more often.
Did you hire out a designer to create your theme?
Exceptional work!

Take a look at my homepage :: Gucci Borse

Anonymous said...

I loved as much as you will receive carried out right here.
The sketch is attractive, your authored subject matter stylish.
nonetheless, you command get bought an shakiness over
that you wish be delivering the following.

unwell unquestionably come more formerly again as exactly the
same nearly very often inside case you shield this increase.



Feel free to visit my web blog - Abercrombie Bruxelles

Anonymous said...

I like the valuable information you provide for your articles.
I will bookmark your blog and check again right here regularly.
I am somewhat certain I'll be told many new stuff right right here! Best of luck for the next!

Feel free to visit my webpage; wealthwayonline.com

Anonymous said...

This is very interesting, You're an excessively professional blogger. I have joined your feed and sit up for in search of extra of your fantastic post. Also, I have shared your web site in my social networks

my weblog: Authentic Mario Lemieux Jersey

Anonymous said...

Right here is the right website for anybody who hopes to understand
this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I personally would
want to…HaHa). You definitely put a fresh spin on a
subject which has been written about for a long time.
Wonderful stuff, just wonderful!

Also visit my weblog: Louis Vuitton Handbags Outlet

Anonymous said...

Great info. Lucky me I came across your website by
chance (stumbleupon). I have saved it for later!


Here is my site: Louis Vuitton Outlet1

Anonymous said...

Hey I am so glad I found your website, I really found you by accident, while I was browsing on Google for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say thanks a
lot for a tremendous post and a all round entertaining blog (I also love the
theme/design), I don’t have time to read through it all at the moment but
I have saved it and also included your RSS feeds, so when I have
time I will be back to read much more, Please do keep up the excellent jo.


Also visit my web page - Nike Air Max

Anonymous said...

It's difficult to find well-informed people about this topic, but you seem like you know what you're
talking about! Thanks

Also visit my web site: Sidney Crosby Authentic Jersey

Anonymous said...

What's up everybody, here every one is sharing these kinds of knowledge, thus it's
pleasant to read this weblog, and I used to go to
see this web site everyday.

Here is my website :: Air Jordan Pas Cher

Anonymous said...

Right away I am going to do my breakfast, later than having my
breakfast coming again to read additional news.

Also visit my web blog: Cheap Louis Vuitton Bags

Anonymous said...

I am really enjoying the theme/design of your blog.
Do you ever run into any web browser compatibility problems?

A couple of my blog readers have complained about my
website not working correctly in Explorer but looks great in Safari.

Do you have any recommendations to help fix this problem?



Feel free to visit my page ... Chaussures De Football Pas Cher

Anonymous said...

Just want to say your article is as surprising. The clearness in your post is simply nice and i could assume you're an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.

My blog Montre Guess

Anonymous said...

Do you have a spam problem on this website; I
also am a blogger, and I was wondering your situation; we have
developed some nice methods and we are looking to exchange
solutions with other folks, why not shoot me an e-mail if interested.


my web-site; NFL Jerseys Cheap

Anonymous said...

It's difficult to find knowledgeable people on this topic, but you seem like you know what you're talking about!

Thanks

Also visit my webpage: Air Jordan 2013

Anonymous said...

Thanks for any other fantastic article. The place else may just anybody get that
kind of info in such a perfect approach of writing? I have
a presentation subsequent week, and I'm at the look for such info.

Stop by my homepage Abercrombie Pas Cher

Anonymous said...

Hi there to all, how is the whole thing, I think every one
is getting more from this web site, and your views are pleasant in support of new
users.

my blog :: Michael Kors

Anonymous said...

I do not even understand how I ended up here, however I thought this publish was
once great. I do not realize who you might be however
definitely you are going to a famous blogger for those who are not already.
Cheers!

Also visit my weblog; Michael Kors

Anonymous said...

I every time emailed this webpage post page to all my
contacts, because if like to read it after that my links will too.


Take a look at my webpage Mulberry UK

Anonymous said...

Do you mind if I quote a couple of your posts as long
as I provide credit and sources back to your weblog?
My blog site is in the very same area of interest as yours and my users would definitely benefit from some of the information you
present here. Please let me know if this alright with you.
Appreciate it!

Also visit my blog: Abercrombie Pas Cher

Anonymous said...

I have to thank you for the efforts you've put in penning this site. I'm hoping to
check out the same high-grade content by you
in the future as well. In fact, your creative writing abilities has
motivated me to get my very own website now ;)

Have a look at my blog post :: Nike Air Max

Anonymous said...

Wonderful beat ! I wish to apprentice while you amend your website,
how could i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable deal.

I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear idea

My webpage; Sac Louis Vuitton

Anonymous said...

It's difficult to find well-informed people in this particular subject, however, you seem like you know what you're talking about!
Thanks

Have a look at my web site ... web site

Anonymous said...

I have been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
It's pretty worth enough for me. In my view, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the net will be a lot more useful than ever before.

my page ... Go Here

Anonymous said...

If you desire to improve your experience only keep visiting
this website and be updated with the most up-to-date information posted here.


my homepage: Full Article

Anonymous said...

Heya i am for the first time here. I came across this
board and I to find It truly helpful & it helped me out much.
I hope to offer something again and help others like you helped me.



my blog post - Get the Facts

Anonymous said...

Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video
to make your point. You definitely know what youre talking about, why waste your intelligence on just
posting videos to your site when you could be giving us
something informative to read?

Feel free to surf to my site; Air Jordan Pas Cher ()

Anonymous said...

Amazing! Its really amazing post, I have got much clear idea regarding from this paragraph.


Also visit my web blog - Mulberry Bags

Anonymous said...

Hi there! I know this is kind of off topic but I was
wondering if you knew where I could get a captcha plugin for my comment form?

I'm using the same blog platform as yours and I'm having problems finding one?
Thanks a lot!

my blog; Sac a main Guess

Anonymous said...

Thank you for sharing your thoughts. I truly appreciate
your efforts and I will be waiting for your further post thank you
once again.

Also visit my page ... Chaussure De Foot ()

goforvacations said...

Tempat yang dikunjungi keren banget. Kasih gambar dong biar lebih keren.

Anonymous said...

Pay the debt of nature Besucher werden nicht aufgeben Luxus Abercrombie Fitch Shorts Marken. Auch Kunden nur Notwendigkeit, ein louis vuitton schal wenig protzen zu k?nnen Abercrombie Fitch Pullover um die out meisten alleiniges Denim von Ezra Fitch Abercrombie Fitch gebildet erwerben ?u?eren im Jahre 1900 offiziell zu Abercrombie Fitch Co. LV geworden, wie louis vuitton online es Abercrombie LV Taschen Fitch Hoodies erz?hlt, loui vuitton taschen dass judge from a lower the functioning of all tissue Columns d align ebb feinsten louis vuitton geldb?rse Kaschmir bietet, pima Abercrombie Fitch Polos Baumwolle und Leder K?nigsklasse Waren decease lssige und Abercrombie Fitch Shirts k?rpernahen Textilien.
Bolsos Louis Vuitton Louis Vuitton Au [url=http://www.habitat08.fr/lv.html][b]Sacoche Louis Vuitton Homme[/b][/url] [url=http://www.cardboardboxesonline.co.uk/contact_us.asp][b]Karen Millen Dresses Uk[/b][/url]
http://www.watercycles.ca/distributor.php

[url=http://www.lizardtorino.net/public/lv.htm][b]Borse Louis Vuitton[/b][/url] http://www.lizardtorino.net/public/lv.htm
[url=http://www.cryptogamie.com/lv.php][b]Sac Louis Vuitton Pas Cher[/b][/url] http://www.cryptogamie.com/lv.php
[url=http://topsound.com.au/lv.htm][b]Louis Vuitton Handbags[/b][/url] http://topsound.com.au/lv.htm
[url=http://www.kuratorskonventet.se/lv.html][b]Louis Vuitton Sverige[/b][/url] http://www.kuratorskonventet.se/lv.html
[url=http://www.kemsdaleoutdoors.co.uk/lv.htm][b]Louis Vuitton Handbags[/b][/url] http://www.kemsdaleoutdoors.co.uk/lv.htm
[url=http://pmcar.de/][b]Louis Vuitton Taschen[/b][/url] http://pmcar.de/
[url=http://www.coppolaimmobiliare.com/lv.htm][b]Louis Vuitton[/b][/url] http://www.coppolaimmobiliare.com/lv.htm
[url=http://lumie.ca/][b]Louis Vuitton Handbags Canada[/b][/url] http://lumie.ca/
[url=http://www.sbef.se/][b]Louis Vuitton Väskor Online[/b][/url] http://www.sbef.se/
[url=http://www.emoena-jeshua-foundation.org][b]Herve Leger Dress Sale[/b][/url] http://www.emoena-jeshua-foundation.org
[url=http://www.stipendiatenkooperation.de][b]louis vuitton taschen outlet[/b][/url] http://www.stipendiatenkooperation.de
[url=http://ratisbona-bildungstraeger.de][b]louis vuitton online[/b][/url] http://ratisbona-bildungstraeger.de
[url=http://www.gaestehausleykauf.de][b]christian louboutin sale[/b][/url] http://www.gaestehausleykauf.d
[url=http://www.videoalps.net/][b]christian louboutin soldes[/b][/url] http://www.videoalps.net/
[url=http://aquaticlife.ca/lv.htm][b]Louis Vuitton Handbags[/b][/url] http://aquaticlife.ca/lv.htm
[url=http://www.arretezlalarme.ca/][b]Louis Vuitton Outlet Online[/b][/url] http://www.arretezlalarme.ca/

selvi ghou said...

Mau tanya mas..kalo kita pesan hotel lewat agoda itu pembayarannya gimana ya pake kartu kredit ? Atau sampai sana baru bayar ?